Rabu, 27 Juni 2012

Psikhologi Abnormal


PSIKHOLOGI  ABNORMAL DAN DISIPLIN ILMU YANG BERPAUTAN
Disiplin ilmu yang mempelajari gejala-gejala psiko-fisis yang abnormal ialah:
1.      Psikhologi abnormal
Ialah satu cabang dari psikhologi yang menyelidiki segala bentuk gangguan mental dan abnormalitas jiwa, mengadakan klasifkasi dari penyebab gangguan pribadi dan bentuk tingkah laku yang menyimpang, serta mencari cara penyembuhan dari individu yang abnormal tadi.
2.      Psikhologi klinis
Ilmu ini mencakup bidang psikhologi abnormal, dengan menambahkan test dan interview diagnostik, pekerjaan/usaha penyembuhan.
3.      Psikhiatri
Ialah cabang ilmu kedokteran yang mengkhususkan diri dari pencegahan, diagnosa, dan penyembuhan bagi orang-orang yang menderita gangguan emosi dan gangguan mental.
4.      Psychoanalisa
Ialah satu metode yang merupakan bentuk khusus dari psikhologi yang berlandaskan konsepsi-konsepsi Freud tentang dinamika psikhis
5.      Neurologi
Ialah cabang dari ilmu kedokteran yang menyangkut diagnosa dan penyembuhan gangguan-gangguan pada system persyarafan/nervoussystem
6.      Pekerjaan sosial psikhiatris
Ialah cabang dari pekerjaan social yang mengkonsentrasikan diri pada problem-problem social dengan gangguan psikhiatris
7.      Mental hygiene
Merupakan satu gerakan yang mula-mula mengabdikan diri pada pencegahan timbulnya gangguan mental dan mencari cara therapeutis yang lebih sempurna untuk menyembuhkan orang-orang yang menderita penyakit jiwa.

1 komentar: