Selasa, 26 Juni 2012

Muslimah dalam Memanfaatkan Waktu


Aktivitas Yang Dikerjakan Oleh Muslimah Pada Waktu Senggang
1.        Membaca Buku Yang Bermanfaat
Buku yang paling utama dibaca adalah Kitabullah. Sabda Rasulullah saw, “Orang yang membaca Al-Quran dan bacaannya terbata-bata serta merasakan kesukaran ketika membacanya, baginya 2 pahala. Sedangkan orang yang membacanya dengan lancar maka dia bersama malaikat al-Kiram al-Bararah”. Dan saya ingatkan kepadamu agar membaca ayat Kursi setiap selesai melaksanakan shalat wajib. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi setiap akhir shalat wajib, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk surga kecuali mati”. Selanjutnya bacaan kedua adalah buku-buku yang berisi ilmu yang bermanfaat. Dengan buku-buku tersebut maka kamu dapat mengetahui berita orang-orang dulu, hukum-hukum islam dan kewajibannya.
2.      Zikir Kepada Allah
Amalan ini sangat  mudah sekali. Dapat dilakukan oleh manusia kaya maupun miskin, pintar maupun bodoh, merdeka maupun hamba sahaya, lelaki maupun perempuan, besar maupun kecil. Dan kalian dapat melakukannya ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan ketika dalam kondisi apapun selama tidak di tempat yang dilarang menyebut nama Allah.
3.      Silaturrahim
Silaturrahim adalah amalan yanng sangat penting. Rasulullah saw. Menegaskan tentang silaturrahim ini, bahkan Al-Quran sendiri menegaskan tentang hal itu. Silaturrahim merupakan amal yang wajib. Dan ketika kalian melaksanakan amalan ini, kalian dapat memeberi manfaat kepada kaum kerabat dengan perkataan baik dan pandangan yang dapat menyadarkan orang bodoh dan orang yang lalai.
4.      Menyeru Pada Kebaikan Dan Mencegah Kemungkaran
Dengan melakukan amalan ini maka kalian akan jauh dari kesengsaraan karena Allah akan menyayangi hambaNya yang berbuat kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar