Senin, 25 Juni 2012

Catatan Wanita Muslimah


Wanita Dalam Memelihara Diri
Bagaimanakah wanita Muslimah dalam memelihara dirinya? Terutama memelihara tubuhnya..? nah, di bawah ini ada beberapa cara yang dilakukan wanita Muslimah dalam memelihara tubuhnya menurut syariat Islam.

1.      Tidak berlebihan makan dan minum
Wanita Muslimah yang sadar  akan kesibukan tugas sebagai ibu rumah tangga, maka akan senantiasa memelihara dan  menjaga agar badannya selalu sehat, kuat, semangat, dan tidak loyo. Oleh karena itu, ia dituntut untuk selalu makan makanan yang dapat menjaga dan memelihara keseimbangan tubuhnya. Akan tetapi makannya dengan kesederhanaan dan tidak berlebih-lebihan.

2.      Berpakaian Bersih
Wanita muslimah yang benar-benar sadar, setelah merawat badannya agar selalu dalam keadaan sehat dia juga akan memperhatikan terhadap penampilannya. Yaitu penampilan badan dan pakaian yang bersih. Hal tersebut dilakukannya dalam rangka mewujudkan petunjuk Rasulullah saw yang memerintahkan untuk selalu mandi dan menggunakan wangi-wangian, khususnya pada hari Jumat.

3.      Memelihara keindahan rambut
Rambut bagi wanita merupakan sebuah mahkota karena rambut juga menentukan terhadap penampilannya. Disamping sebagai mahkota bagi seorang wanita, rambut juga merupakan aurat bagi wanita. Oleh karana itu, rambut harus dirawat dan dipelihara dengan baik karena Rasulullah saw sangat membenci orang yang membiarkan rambutnya berantakan, acak-acakan dan menyebarkan bau yang tidak sedapsehingga terlihat seperti orang gila. 

4.      Berpenampilan Menarik
Bagi wanita muslimah yang benar-benar sadar akan ajaran agamanya, mereka senantiasa memperhatikan penampilannya baik dari segi pakaian maupun parasnya yang menawan. Sehingga menyenangkan bagi suaminya, para muhrimnya, dan para wanita muslimah yang lainnya. Menurut ajaran syariat selama dalam mempercantik diri itu tidak melampaui batas, maka hal itu termasuk perhiasan yang baik yang diperbolehkan dan dianjurkan oleh Allah SWT bagi hamba-hambaNya.

5.      Tidak berlebihan dalam berhias
Wanita Muslimah yang senantiasa sadar akan selalu memperhatikan penampilannya. Namun demikian, perhatian pada penampilan ini tidak boleh menyebabkan wanita muslimah dalam menghias diri dan memperlihatkan perhiasannya kepada selain suaminya dan muhrimnya, dan tidak menjadikannya berlebihan dalm berpenampilan, yaitu dengan melanggar batas keseimbangan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam

2 komentar: